AL KAFI FIQHU AHLU AL MADINAH ALMALIKI
MAKALAH
Tugas Terstruktur Ini Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Kitab Fiqih
Diampu Oleh Bapak Dadang Syarifudin M.Ag

Disusun oleh :
Siti Khoeriyah 1163040085
JURUSAN PERBANDINGAN MADZHB DAN HUKUM
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2019
Foto : Kitab Al Kafi Fiqhu Ahlu Almadinah Al Maliki
A. Biografi Penulis Kitab
1. Nama dan nasabnya
Nama lengkap beliau adalah
Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Bar bin Ashim An-Namari
Al-Qurtubi. Beliau berasal dari Negara Spanyol dan dari Kabilah Namir bin
Qasith yang merupakan salah satu kabilah dari negeri Arab.
2. Kelahirannya
Beliau dilahirkan pada hari Jumat tanggal lima bulan Rabiulakhir
tahun 368 H ketika imam jumat sedang berkhutbah. Beliau tumbuh dan berkembang
di kota Cordova yang merupakan ibu kota negara Spanyol pada waktu itu. Kota
yang dikenal sebagai kota ilmu pada zaman tersebut. Kota yang juga dikenal
sebagai tempat tinggal muslim Ahlussunnah waljamaah. Di kota ini pulalah beliau
belajar ilmu agama, belajar ilmu fikih dari para ulama ternama pada waktu itu,
dan meriwayatkan hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sehingga beliau
menjadi seorang ulama besar sampai-sampai beliau diberi julukan Hafiz
Al-Maghrib. Beliau juga berasal dari keluarga yang dikenal sebagai keluarga
yang memiliki banyak keutamaan. Keluarga yang terkenal akan keilmuan dan
kezuhudannya. Kakek dan ayah beliau adalah ulama yang sangat rajin beribadah
dan sangat terkenal dengan kezuhudan mereka terhadap dunia. Maka dari keluarga
yang penuh berkah inilah Ibnu Abdil Bar belajar ilmu agama dan menjadi seorang
ulama besar kaum muslimin. Yang mana karya-karyanya turut menghiasi khazanah
perpustakaan Islam.
3. Guru-gurunya
Beliau tidaklah melakukan
perjalanan yang sangat jauh dalam menuntut ilmu. Beliau mencukupkan diri untuk
menuntut ilmu di negara asalnya Spanyol. Akan tetapi beliau berpindah-pindah
dari satu kota ke kota yang lain yang berada di negeri Spanyol, baik kota yang
ada di barat negeri tersebut hingga yang berada di timurnya. Guru-guru beliau
sangatlah banyak, hingga mencapai seratus orang lebih. Dan semuanya merupakan
ulama yang pakar dalam bidangnya, diantara mereka ada yang ahli hadis dan ahli
fikih. Dan diantara para ulama yang menjadi guru-guru beliau adalah:
1.Abdul Waris bin Sufyan.
2.Abdullah bin Muhammad bin Abdul Mukmin, beliau adalah seorang
pakar hadis yang besar pada zamannya.
3.Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Asad Al-Juhani.
4.Muhammad bin Abdul Malik Ar-Rosofi.
5.Al-Hafiz Abu Ustman Said bin Nashr bin Khalaf Al-Andalusi.
6.Abul Fadhl Ahmad bin Qosim bin Abdurrahman Al-Bazzar.
Ulama-ulama diatas termasuk guru-guru beliau yang beliau banyak
meriwayatkan hadis dari mereka. Adapun guru-guru beliau yang lain adalah Ahmad
bin Abdil Malik bin Hasyim, Ahmad bin Muhammad Al-Muqri’, Ismail bin
Abdurrahman, Abul Qurasyi Al-‘Amiri, Abdul Aziz bin Ahmad An-Nahwi, Abul Asbagh
Al-Akhfasy, Abul Walid Al-Qurtubi Al-Qodhi, Muhammad bin Khalifah Al-Imam dan
masih banyak lagi guru-guru beliau yang tidak bisa disebutkan satu persatu
dalam tulisan ini karena akan menjadi sangat panjang.
4. Murid-muridnya
Murid-murid beliau sangatlah
banyak untuk disebutkan satu persatu, akan tetapi akan disebutkan sebagian saja
dari murid-murid beliau yang terkenal banyak meriwayatkan dari beliau.
1.Abu Ali Al-Ghossani.
2.Abdurrahman bin Muhammad Al-Qurtubi.
3.Al-Hafiz Abul Hasan Tohir bin Mufawwiz As-Syatibi.
4.Abu Bahr Sufyan bin Al-Ash.
5.Al-Imam Abu Muhammad Ali bin Ahmad bin Hazm yang terkenal dengan
kunyah beliau Ibnu Hazm Azh-Zhahiri. Beliau merupakan imam yang sangat
terkenal. Karya tulis beliau pun sangat banyak dan bermanfaat. Beliau juga
pembesar mazhab Zhahiri.
6.Al-Hafiz Abu Abdillah Al-Humaidi, dan masih banyak lagi selain
mereka.
5. Pujian para ulama
terhadap beliau
Imam Ibnu Abdil Bar telah banyak memperoleh pujian dari
para ulama, baik dari teman-teman yang semasa dengan beliau, murid-murid beliau,
hingga ulama-ulama yang datang setelah beliau. Hal tersebut beliau dapatkan
karena tingginya kedudukan beliau dimata kaum muslimin, kekuatan hafalannya,
banyaknya disiplin ilmu yang beliau kuasai, dan karya-karya tulis beliau yang
menjadi bukti akan luasnya ilmu yang beliau miliki.
Al-Humaidi berkata, “Abu
Umar adalah seorang fakih, hafiz, dan banyak meriwayatkan hadis. Beliau adalah
seorang pakar dalam ilmu qiraah dan sangat mengetahui perbedaan yang terjadi
dikalangan para ulama. Beliau juga seorang yang pakar dalam ilmu hadis dan ilmu
rijal (ilmu tentang keadaan para perawi hadis).”
Abul Qosim bin Basykuwal
berkata, “Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Bar bin Ashim An-Namari
adalah seorang imam pada masanya dan alim yang unggul pada zamannya.”
(As-Shilah hal. 973)
Abul Walid Al-Baji berkata, “Tidak ada di negeri Spanyol yang
menyamai Abu Umar Ibnu Abdil Bar dalam ilmu hadis.” (As-Shilah hal. 973)
Imam Ibnu Hazm berkata, “Aku
tidak mengetahui ada orang yang semisal dengan Ibnu Abdil Bar dalam fikih
hadis, apalagi orang yang lebih baik dari beliau.” (As-Shilah hal. 974)
Imam Adz-Dzahabi berkata,
“Beliau adalah seorang imam yang baik agamanya, seorang yang terpercaya dan
profesional, pandai lagi luas ilmunya, dan sangat berpegang teguh dengan
sunnah. Dahulu beliau bermazhab Zhahiri, kemudian beliau menjadi seorang yang
bermazhab Maliki, meskipun banyak pendapat beliau yang cenderung kepada mazhab
Syafi’i. Dan hal tersebut tidak boleh diingkari, karena beliau termasuk orang
yang telah mencapai derajat imam mujtahid. Barang siapa yang membaca
karya-karya tulis beliau, maka akan tampaklah baginya keutamaan beliau. Mulai
dari luasnya ilmu beliau, kekuatan pemahaman beliau, hingga kecerdasan otak
beliau.” (Siyar a’lamin nubala juz.18 hal.157)
6. Akidah dan mazhab
fikihnya
Akidah Imam Ibnu Abdil Bar
adalah akidah yang bersih. Akidah yang tidak ternodai oleh ilmu kalam atau pun
filsafat yunani. Akidah beliau adalah akidah yang sama dengan yang diyakini
oleh para salaf. Imam Adz-Dzahabi berkata, “Dan beliau dalam permasalahan
usuluddin mengikuti mazhab salaf, tidak pernah beliau masuk dalam ilmu kalam,
bahkan beliau hanya mengikuti atsar dari guru-guru beliau rahimahumullah.”
Adapun mazhab beliau di
dalam ilmu fikih, maka beliau dikenal sebagai penganut mazhab Maliki, yaitu
mazhab Imam Malik bin Anas. Meskipun begitu, banyak pendapat-pendapat beliau
yang justru cenderung kepada mazhab Imam Syafi’i.
Abu Abdillah bin Abi Al-Fath berkata, “Dahulu beliau pernah
bermazhab Zhahiri (mazhab fikih yang mengingkari kias) dalam waktu yang cukup
lama, kemudian beliau kembali kepada pendapat yang menggunakan kias dan tidak
bertaklid kepada seorang pun. Akan tetapi beliau banyak cenderung kepada
pendapat Syafi’i.”
Imam Adz-Dzahabi menambahkan perkataan Abu Abdillah diatas dengan
mengatakan, “Itulah yang beliau katakan, akan tetapi yang masyhur adalah
bahwasanya beliau bermazhab Maliki.”
7. Karya tulis beliau
Beliau termasuk ulama yang
sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis. Hal tersebut dapat kita lihat
dari banyaknya buku-buku yang beliau karang. Dan karangan beliau tidak hanya
terbatas pada satu disiplin ilmu saja, akan tetapi hampir di setiap disiplin
ilmu beliau memiliki karangan dalam ilmu tersebut.
Imam Ibnu Hazm berkata, “Dan
sahabat kami Ibnu Abdil Bar memiliki buku-buku karangan yang tidak ada
tandingannya.” Berikut akan disebutkan
karya-karya beliau yang jumlahnya sangatlah banyak, karena sebagaimana telah
dijelaskan sebelumnya bahwa beliau mengarang hampir di setiap disiplin ilmu,
mulai dari ilmu qiraah, fikih, hadis, akidah, sejarah, hingga syair-syair.
Karangan beliau dalam ilmu qiraat
1.Al-Madkhol fil qiraat.
2.Al-Iktifa’ fi qiraat Nafi’ wa Abi Amr bin Al-‘Ala.
3.At-Tajwid wal madkhol ila ilmil quran bit-tahdid.
4.Al-Bayan fi tilawatil quran.
Karangan beliau dalam ilmu hadis
1.At-Tamhid fil muwatto’ minal ma’ani wal asanid.
2.At-Taqoshi lihadisil muwatto’ wa syuyukhi Malik.
3.Al-Istidzkar.
Ketiga kitab di atas telah dicetak dan diterbitkan, adapun karangan
beliau yang masih berbentuk manuskrip, maka sangatlah banyak. Di antaranya:
1.Ikhtishar kitab at-tahrir.
2.Ikhtishar kitab at-tamyiz.
3.Hadis Malik kharij al-muwatto’.
4.As-Syawahid fi itsbati khobari al-wahid.
5.‘Awaliy Ibnu Abdil Bar fi al-hadis.
6.Manzhumatun fi as-sunnah.
7.Musnad Ibnu Abdil Bar.
Karangan beliau dalam ilmu fikih
1.Al-Kafi fi furu’ al-Malikiyyah.
2.Al-Inshof fiima baina al-mukhtalifin fi fatihatil kitab.
Karangan beliau dalam ilmu tarikh
1.Al-Isti’ab fi ma’rifatil ashab.
2.Al-Intifa’ fi fadho’il ats-tsalatsatil fuqoha’.
3.Ad-Duror fi ikhtishar al-maghozi wa as-siyar.
4.Al-Qosdu wa al-umam fi makrifati ansabi al-Arab wa al-‘ajam.
Karangan beliau dalam ilmu akidah
1.A’lam an-nubuwwah.
2.Al-Inshof fi asma’ Allah.
Karangan beliau dalam ilmu adab dan akhlak
1.Jami’ bayani al-ilmi wa fadhlihi.
2.Al-Jami’.
3.Adabul mujalasah wa hamdu al-lisan.
4.Al-Bustan fil ikhwan.
5.Ar-Roqo’iq.
Itulah sebagian karya tulis beliau yang tentunya memiliki faedah
dan manfaat yang sangat besar bagi kaum muslimin. Dan masih banyak lagi
karangan beliau yang diperkirakan hilang dan belum ditemukan hingga sekarang.
8. Wafat beliau
Beliau wafat di kota Syatibah pada malam Jumat, tepatnya
pada bulan Rabiulakhir tahun 463 H di usia beliau yang ke-95, dan dimakamkan di
kota yang sama. Akhir kata semoga Allah Ta’ala merahmati beliau dengan
rahmat-Nya yang luas dan memasukkan beliau ke dalam surga-Nya. Amiin.
B. ISI DAN SISTEMATIKA
KITAB
Kitab Al Kafi Fiqhu Ahlu Almadinah Al Maliki merupakan kitab fiqih
karangan salah satu ulama yang bermadzhab maliki. Dalam kitab ini banyak
mebahas apa yang sering kita lakukan dalam kegiatan sehari hari diantaranya
yaitu :
1.
Kitab bersuci
Dalam bagian ini membahas mengenai :
Bab Wajibnya berwudhu karena hadas dan hal hal yang idak diwajibkan
dana pa yang tidak membedaknya dalam sholat, bab wajib nya mandi, Bab hukum
air, dan apa yang dimakannya, dan apa yang dirusaknya, Bab istinja dengan batu,
Bab kotoran dan bersuci dan masih banyak
lagi yang dibahas dalam bagian bersuci.
2.
Kitab Sholat
Bagin ini membahas seputar; Waktu sholat, Kiblat, sholat ihram,
membaca surat dalam sholat, Ruku dan bersujud, tashahhud dan duduk, doa dalam kesempurnaannya, Imamah, hukum
ma’amum melewatkan beberapa sholat imamnya, melanjutkan sholat berjamaah untuk
orang yang sholat sendirian dan kembali berjamaah dimesjid, seseorang yang
berhadas saat sholat, lupa dalam sholat, sholat jum’at, sholat fardu dan shakat
Sunnah, shola ied, sholat gerhana,
3.
Kitab pemakaman
Dalam bagian ini membahas seputar: memandikan mayat, mensholatkan
mayat, masjid di pemakaman,
4.
Kitab zakat
Bagian ini membahas persoalan wajibnya membayar zakat pada orang
orang yang berewajiban membayar zakat fitrah, zakat uang dan emas, zakat
ternak, zakat hutang, zakat logam, zakat buah, zakat ganum, zakat unta, zakat
domba, zakat al khila
5.
Kitab puasa
Bagian ini menerangkan siapa yang berkewajiban untuk berpuasa,
larangan bagi orang yang berpuasa, puasa nya orang sakitdan beitikaf.
6.
Kitab haji
Bagian ini menerangkan pakaian haji,siapa yang harus berhaji, kapan
berhaji, tanggal berhaji dn peraturannya, ap yang harus dihindari dalam
berhaji, hukum memancing, melempar jumrah, umrah, sebagainya.
7.
Kitab qurban
8.
Kitab memancing
9.
Kitab makanan
10.
Kitab minuman
11.
Kitab imam dan sumpah
12.
Kitab jihad
13.
Kitab diutamakannya menembak
C. METODE PENULISAN KITAB
Kitab al kafi fiqhu ahlu al Madinah al maliki adalah kitab fiqh
yang berisikan pendapat pendapat imam maliki ,Berikut ini adalah beberapa
metode yang dipakai oleh Ibnu Abdil Barr dalam menulis kitabnya :
Pertama, beliau menyebutkan hadits dari Muwattha’, setelah itu
Ibnu Abdil Barr memberikan syarah dari hadits tersebut baik dari sisi derajat
hadits maupun perkataan ulama tentang hadits tersebut. Metode dalam menjelaskan
hadits-hadits yang ada terkadang dengan cara menyebutkan semua hadits yang
berkaitan dengan bab fiqih yang sedang dibahas, baru kemudian menjelaskannya,
atau dengan menjelaskan hadits satu per satu, namun masih dalam satu tema dan
pembahasan.
Setelah itu beliau menyebutkan perkataan-perkataan ulama’ dalam
permasalahan fiqih yang berkaitan dengan hadits tersebut. Dalam memaparkan
pendapat para ulama’ beliau menjelaskannya langsung ke inti pendapat, dengan
harapan bisa lebih mudah untuk dipahami dan dihafalakan.
Permasalahan-permasalahan fiqih merupakan porsi pembahasan utama
dalam kitab ini, beliau menyebutkan banyak adu argument, pengertian-pengertian
maupun metode dalam mengambil kesimpulan dari dalil yang ada, di mana kesamaan
tema fiqih merupakan patokan utama dalam kitab ini.
Riwayat Muwattha’ yang dipakai oleh Ibnu Abdil Baarr dalam kitab
ini adalah riwayat dari jalur Yahya bin Yahya Al-Andalusi. Jalur periwayatan
Ibnu Abdil Barr sampai ke Imam Malik adalah sebagai berikut : dari Abu Utsman
Sa’id bin Nashr, dia meriwayatkan dari Muhammad Qasim bin Asbagh dan Wahab bin
Masarrah, keduanya meriwayatkan dari Ibnu Waddlâh dari Yahya bin Yahya dari
Imam Malik bin Anas.
D. PENGARUH KITAB
Kitab Al kafi fiqhu ahli almadinah adalah kitab rujukan dalam fiqh
madzhab maliki kitab ini sangat terkenal di Madinah.
E. CONTOH
PEMBAHSAN DALAM KITAB
Kitab Bersuci
Bab wajibnya berwudhu karena hadast
dan hal hal yang tidak diwajibkan apa yang tidak membedakannya dalam sholat
Hal
hal yang diwajibkan berwudhu menurut penduduk Madinah imam malik dn pengikutnya
ada 4: satu, segala yang keluar dari salah satu saluran kemaluan baik itu
angina ataupun kotoran atau pipis atau madzi atau wadi. Selain itu mani.
Keberadaan mani mewajibkn mandi alasannya adalah kalam allah azawazalla
“apabila salah seorang diantara kalian mengeluarkan kotoran surat annisa ayat
43 dan almaidah ayat 6 semua itu adalah merupakan qinayah yag dikeluarkan dari
kemaluan.baik itu sengaja atau diketahui tapi tidak sengaja atau kuarnya jarang
dan sesekali, seperti darah, atau batu yang tanpa terasa sakit dan hal hal
serupa dengan tadi. Karena petunjuk tersebut menurut malik, apa yang selalu dan
berulang ulng dan tanpa disengaja
Kitab Sholat
Bab waktu waktu sholat
Awal waktu dzuhur tatkala matahari tergelincir dari garis lurus
langit tanda tanda tergelincirnya matahar itu jika dilihat di bumi adalah
kembalinya bayangan dan panjangnya dari ukuran awal pada tengah hari barang
siapa yang menyaksiakan itu maka disukai untuk sholat pada awal waktu dan
disukai juga pada melaksanakan secara jamaah denagn diakhirkan sedikit.
Sehingga dapat di pasikan waktunya lebih dari satu perempat begitu pula
dianjurkan masjid mesjd yang
melaksanakan sholat berjamaah mengakhirkan sedikit waku sholat ashar dan sholat
isya agar prang rang dapat berkumpul. Bagi orang orang yang sholat munfarid
lebih utaa melakukan setiap sholatnya diawal waktu dan kemudian waktu dzuhur
masih tetap berlaku hngga bayangan setiap sesuatu menjadi sama dengan bendanya
apabila melebihi dari itu habislah waktu dzhur dan masuk lah waku ashar tidak
ada pemisah diantara keduanya dan waku ashar masih teres berlangsung hingga
bayangan sesuatu mirip dengan beda.
F. PENUTUP
dari pengamatan diatas kitab Al Kafi fiqhu ahlu al mainah almaliki
adalah kitab yang dikarang oleh Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin
Abdil Bar bin Ashim An-Namari Al-Qurtubi. Kitab ini adalah kitab fiqih yang
menjadi rujukan dalam madzhab maliki. Kitab ini menuangkan pemaparan pemaparan
masalah fiqih dengan pendapat pendapat para ulama madzhab maliki dan disuguhkan
dengan pengutipan dalil dari al-qur’an dan hadist.
0 comments:
Post a Comment