Pages

Thursday, May 23, 2019

MAKALAH KITAB AL KAFI FIQHU AHLU AL MADINAH ALMALIKI


AL KAFI FIQHU AHLU AL MADINAH ALMALIKI
MAKALAH
Tugas Terstruktur Ini Untuk Memenuhi  Tugas Matakuliah Kitab Fiqih
Diampu Oleh Bapak Dadang Syarifudin M.Ag

https://image.psikolif.com/wp-content/uploads/2018/11/Logo-UIN-Bandung-Original-PNG-Terbaru.png

Disusun oleh :
Siti Khoeriyah 1163040085

JURUSAN PERBANDINGAN MADZHB DAN HUKUM
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2019



 

                                    Foto : Kitab Al Kafi Fiqhu Ahlu Almadinah Al Maliki
A.        Biografi Penulis Kitab
1.         Nama dan nasabnya              
 Nama lengkap beliau adalah Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Bar bin Ashim An-Namari Al-Qurtubi. Beliau berasal dari Negara Spanyol dan dari Kabilah Namir bin Qasith yang merupakan salah satu kabilah dari negeri Arab.

2.         Kelahirannya
Beliau dilahirkan pada hari Jumat tanggal lima bulan Rabiulakhir tahun 368 H ketika imam jumat sedang berkhutbah. Beliau tumbuh dan berkembang di kota Cordova yang merupakan ibu kota negara Spanyol pada waktu itu. Kota yang dikenal sebagai kota ilmu pada zaman tersebut. Kota yang juga dikenal sebagai tempat tinggal muslim Ahlussunnah waljamaah. Di kota ini pulalah beliau belajar ilmu agama, belajar ilmu fikih dari para ulama ternama pada waktu itu, dan meriwayatkan hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sehingga beliau menjadi seorang ulama besar sampai-sampai beliau diberi julukan Hafiz Al-Maghrib. Beliau juga berasal dari keluarga yang dikenal sebagai keluarga yang memiliki banyak keutamaan. Keluarga yang terkenal akan keilmuan dan kezuhudannya. Kakek dan ayah beliau adalah ulama yang sangat rajin beribadah dan sangat terkenal dengan kezuhudan mereka terhadap dunia. Maka dari keluarga yang penuh berkah inilah Ibnu Abdil Bar belajar ilmu agama dan menjadi seorang ulama besar kaum muslimin. Yang mana karya-karyanya turut menghiasi khazanah perpustakaan Islam.

3.         Guru-gurunya
 Beliau tidaklah melakukan perjalanan yang sangat jauh dalam menuntut ilmu. Beliau mencukupkan diri untuk menuntut ilmu di negara asalnya Spanyol. Akan tetapi beliau berpindah-pindah dari satu kota ke kota yang lain yang berada di negeri Spanyol, baik kota yang ada di barat negeri tersebut hingga yang berada di timurnya. Guru-guru beliau sangatlah banyak, hingga mencapai seratus orang lebih. Dan semuanya merupakan ulama yang pakar dalam bidangnya, diantara mereka ada yang ahli hadis dan ahli fikih. Dan diantara para ulama yang menjadi guru-guru beliau adalah:
1.Abdul Waris bin Sufyan.
2.Abdullah bin Muhammad bin Abdul Mukmin, beliau adalah seorang pakar hadis yang besar pada zamannya.
3.Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Asad Al-Juhani.
4.Muhammad bin Abdul Malik Ar-Rosofi.
5.Al-Hafiz Abu Ustman Said bin Nashr bin Khalaf Al-Andalusi.
6.Abul Fadhl Ahmad bin Qosim bin Abdurrahman Al-Bazzar.
Ulama-ulama diatas termasuk guru-guru beliau yang beliau banyak meriwayatkan hadis dari mereka. Adapun guru-guru beliau yang lain adalah Ahmad bin Abdil Malik bin Hasyim, Ahmad bin Muhammad Al-Muqri’, Ismail bin Abdurrahman, Abul Qurasyi Al-‘Amiri, Abdul Aziz bin Ahmad An-Nahwi, Abul Asbagh Al-Akhfasy, Abul Walid Al-Qurtubi Al-Qodhi, Muhammad bin Khalifah Al-Imam dan masih banyak lagi guru-guru beliau yang tidak bisa disebutkan satu persatu dalam tulisan ini karena akan menjadi sangat panjang.

4.         Murid-muridnya
 Murid-murid beliau sangatlah banyak untuk disebutkan satu persatu, akan tetapi akan disebutkan sebagian saja dari murid-murid beliau yang terkenal banyak meriwayatkan dari beliau.
1.Abu Ali Al-Ghossani.
2.Abdurrahman bin Muhammad Al-Qurtubi.
3.Al-Hafiz Abul Hasan Tohir bin Mufawwiz As-Syatibi.
4.Abu Bahr Sufyan bin Al-Ash.
5.Al-Imam Abu Muhammad Ali bin Ahmad bin Hazm yang terkenal dengan kunyah beliau Ibnu Hazm Azh-Zhahiri. Beliau merupakan imam yang sangat terkenal. Karya tulis beliau pun sangat banyak dan bermanfaat. Beliau juga pembesar mazhab Zhahiri.
6.Al-Hafiz Abu Abdillah Al-Humaidi, dan masih banyak lagi selain mereka.

5.         Pujian para ulama terhadap beliau
            Imam Ibnu Abdil Bar telah banyak memperoleh pujian dari para ulama, baik dari teman-teman yang semasa dengan beliau, murid-murid beliau, hingga ulama-ulama yang datang setelah beliau. Hal tersebut beliau dapatkan karena tingginya kedudukan beliau dimata kaum muslimin, kekuatan hafalannya, banyaknya disiplin ilmu yang beliau kuasai, dan karya-karya tulis beliau yang menjadi bukti akan luasnya ilmu yang beliau miliki.
 Al-Humaidi berkata, “Abu Umar adalah seorang fakih, hafiz, dan banyak meriwayatkan hadis. Beliau adalah seorang pakar dalam ilmu qiraah dan sangat mengetahui perbedaan yang terjadi dikalangan para ulama. Beliau juga seorang yang pakar dalam ilmu hadis dan ilmu rijal (ilmu tentang keadaan para perawi hadis).”
 Abul Qosim bin Basykuwal berkata, “Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Bar bin Ashim An-Namari adalah seorang imam pada masanya dan alim yang unggul pada zamannya.” (As-Shilah hal. 973)
Abul Walid Al-Baji berkata, “Tidak ada di negeri Spanyol yang menyamai Abu Umar Ibnu Abdil Bar dalam ilmu hadis.” (As-Shilah hal. 973)
 Imam Ibnu Hazm berkata, “Aku tidak mengetahui ada orang yang semisal dengan Ibnu Abdil Bar dalam fikih hadis, apalagi orang yang lebih baik dari beliau.” (As-Shilah hal. 974)
 Imam Adz-Dzahabi berkata, “Beliau adalah seorang imam yang baik agamanya, seorang yang terpercaya dan profesional, pandai lagi luas ilmunya, dan sangat berpegang teguh dengan sunnah. Dahulu beliau bermazhab Zhahiri, kemudian beliau menjadi seorang yang bermazhab Maliki, meskipun banyak pendapat beliau yang cenderung kepada mazhab Syafi’i. Dan hal tersebut tidak boleh diingkari, karena beliau termasuk orang yang telah mencapai derajat imam mujtahid. Barang siapa yang membaca karya-karya tulis beliau, maka akan tampaklah baginya keutamaan beliau. Mulai dari luasnya ilmu beliau, kekuatan pemahaman beliau, hingga kecerdasan otak beliau.” (Siyar a’lamin nubala juz.18 hal.157)

6.         Akidah dan mazhab fikihnya
 Akidah Imam Ibnu Abdil Bar adalah akidah yang bersih. Akidah yang tidak ternodai oleh ilmu kalam atau pun filsafat yunani. Akidah beliau adalah akidah yang sama dengan yang diyakini oleh para salaf. Imam Adz-Dzahabi berkata, “Dan beliau dalam permasalahan usuluddin mengikuti mazhab salaf, tidak pernah beliau masuk dalam ilmu kalam, bahkan beliau hanya mengikuti atsar dari guru-guru beliau rahimahumullah.”
 Adapun mazhab beliau di dalam ilmu fikih, maka beliau dikenal sebagai penganut mazhab Maliki, yaitu mazhab Imam Malik bin Anas. Meskipun begitu, banyak pendapat-pendapat beliau yang justru cenderung kepada mazhab Imam Syafi’i.

Abu Abdillah bin Abi Al-Fath berkata, “Dahulu beliau pernah bermazhab Zhahiri (mazhab fikih yang mengingkari kias) dalam waktu yang cukup lama, kemudian beliau kembali kepada pendapat yang menggunakan kias dan tidak bertaklid kepada seorang pun. Akan tetapi beliau banyak cenderung kepada pendapat Syafi’i.”
Imam Adz-Dzahabi menambahkan perkataan Abu Abdillah diatas dengan mengatakan, “Itulah yang beliau katakan, akan tetapi yang masyhur adalah bahwasanya beliau bermazhab Maliki.”

7.         Karya tulis beliau
 Beliau termasuk ulama yang sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya buku-buku yang beliau karang. Dan karangan beliau tidak hanya terbatas pada satu disiplin ilmu saja, akan tetapi hampir di setiap disiplin ilmu beliau memiliki karangan dalam ilmu tersebut.
 Imam Ibnu Hazm berkata, “Dan sahabat kami Ibnu Abdil Bar memiliki buku-buku karangan yang tidak ada tandingannya.”  Berikut akan disebutkan karya-karya beliau yang jumlahnya sangatlah banyak, karena sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa beliau mengarang hampir di setiap disiplin ilmu, mulai dari ilmu qiraah, fikih, hadis, akidah, sejarah, hingga syair-syair.
Karangan beliau dalam ilmu qiraat
1.Al-Madkhol fil qiraat.
2.Al-Iktifa’ fi qiraat Nafi’ wa Abi Amr bin Al-‘Ala.
3.At-Tajwid wal madkhol ila ilmil quran bit-tahdid.
4.Al-Bayan fi tilawatil quran.
Karangan beliau dalam ilmu hadis
1.At-Tamhid fil muwatto’ minal ma’ani wal asanid.
2.At-Taqoshi lihadisil muwatto’ wa syuyukhi Malik.
3.Al-Istidzkar.
Ketiga kitab di atas telah dicetak dan diterbitkan, adapun karangan beliau yang masih berbentuk manuskrip, maka sangatlah banyak. Di antaranya:
1.Ikhtishar kitab at-tahrir.
2.Ikhtishar kitab at-tamyiz.
3.Hadis Malik kharij al-muwatto’.
4.As-Syawahid fi itsbati khobari al-wahid.
5.‘Awaliy Ibnu Abdil Bar fi al-hadis.
6.Manzhumatun fi as-sunnah.
7.Musnad Ibnu Abdil Bar.
Karangan beliau dalam ilmu fikih
1.Al-Kafi fi furu’ al-Malikiyyah.
2.Al-Inshof fiima baina al-mukhtalifin fi fatihatil kitab.
Karangan beliau dalam ilmu tarikh
1.Al-Isti’ab fi ma’rifatil ashab.
2.Al-Intifa’ fi fadho’il ats-tsalatsatil fuqoha’.
3.Ad-Duror fi ikhtishar al-maghozi wa as-siyar.
4.Al-Qosdu wa al-umam fi makrifati ansabi al-Arab wa al-‘ajam.
Karangan beliau dalam ilmu akidah
1.A’lam an-nubuwwah.
2.Al-Inshof fi asma’ Allah.
Karangan beliau dalam ilmu adab dan akhlak
1.Jami’ bayani al-ilmi wa fadhlihi.
2.Al-Jami’.
3.Adabul mujalasah wa hamdu al-lisan.
4.Al-Bustan fil ikhwan.
5.Ar-Roqo’iq.

Itulah sebagian karya tulis beliau yang tentunya memiliki faedah dan manfaat yang sangat besar bagi kaum muslimin. Dan masih banyak lagi karangan beliau yang diperkirakan hilang dan belum ditemukan hingga sekarang.

8.         Wafat beliau
            Beliau wafat di kota Syatibah pada malam Jumat, tepatnya pada bulan Rabiulakhir tahun 463 H di usia beliau yang ke-95, dan dimakamkan di kota yang sama. Akhir kata semoga Allah Ta’ala merahmati beliau dengan rahmat-Nya yang luas dan memasukkan beliau ke dalam surga-Nya. Amiin.
B.        ISI DAN SISTEMATIKA KITAB
Kitab Al Kafi Fiqhu Ahlu Almadinah Al Maliki merupakan kitab fiqih karangan salah satu ulama yang bermadzhab maliki. Dalam kitab ini banyak mebahas apa yang sering kita lakukan dalam kegiatan sehari hari diantaranya yaitu :
1.      Kitab bersuci
Dalam bagian ini membahas mengenai :
Bab Wajibnya berwudhu karena hadas dan hal hal yang idak diwajibkan dana pa yang tidak membedaknya dalam sholat, bab wajib nya mandi, Bab hukum air, dan apa yang dimakannya, dan apa yang dirusaknya, Bab istinja dengan batu, Bab  kotoran dan bersuci dan masih banyak lagi yang dibahas dalam bagian bersuci.
2.      Kitab Sholat
Bagin ini membahas seputar; Waktu sholat, Kiblat, sholat ihram, membaca surat dalam sholat, Ruku dan bersujud, tashahhud dan duduk,  doa dalam kesempurnaannya, Imamah, hukum ma’amum melewatkan beberapa sholat imamnya, melanjutkan sholat berjamaah untuk orang yang sholat sendirian dan kembali berjamaah dimesjid, seseorang yang berhadas saat sholat, lupa dalam sholat, sholat jum’at, sholat fardu dan shakat Sunnah, shola ied, sholat gerhana,
3.      Kitab pemakaman
Dalam bagian ini membahas seputar: memandikan mayat, mensholatkan mayat, masjid di pemakaman,
4.      Kitab zakat
Bagian ini membahas persoalan wajibnya membayar zakat pada orang orang yang berewajiban membayar zakat fitrah, zakat uang dan emas, zakat ternak, zakat hutang, zakat logam, zakat buah, zakat ganum, zakat unta, zakat domba, zakat al khila
5.      Kitab puasa
Bagian ini menerangkan siapa yang berkewajiban untuk berpuasa, larangan bagi orang yang berpuasa, puasa nya orang sakitdan beitikaf.
6.      Kitab haji
Bagian ini menerangkan pakaian haji,siapa yang harus berhaji, kapan berhaji, tanggal berhaji dn peraturannya, ap yang harus dihindari dalam berhaji, hukum memancing, melempar jumrah, umrah, sebagainya.
7.      Kitab qurban
8.      Kitab memancing
9.      Kitab makanan
10.  Kitab minuman
11.  Kitab imam dan sumpah
12.  Kitab jihad
13.  Kitab diutamakannya menembak


C.        METODE  PENULISAN KITAB

Kitab al kafi fiqhu ahlu al Madinah al maliki adalah kitab fiqh yang berisikan pendapat pendapat imam maliki ,Berikut ini adalah beberapa metode yang dipakai oleh Ibnu Abdil Barr dalam menulis kitabnya :
Pertama, beliau menyebutkan hadits dari Muwattha’, setelah itu Ibnu Abdil Barr memberikan syarah dari hadits tersebut baik dari sisi derajat hadits maupun perkataan ulama tentang hadits tersebut. Metode dalam menjelaskan hadits-hadits yang ada terkadang dengan cara menyebutkan semua hadits yang berkaitan dengan bab fiqih yang sedang dibahas, baru kemudian menjelaskannya, atau dengan menjelaskan hadits satu per satu, namun masih dalam satu tema dan pembahasan.
Setelah itu beliau menyebutkan perkataan-perkataan ulama’ dalam permasalahan fiqih yang berkaitan dengan hadits tersebut. Dalam memaparkan pendapat para ulama’ beliau menjelaskannya langsung ke inti pendapat, dengan harapan bisa lebih mudah untuk dipahami dan dihafalakan.
Permasalahan-permasalahan fiqih merupakan porsi pembahasan utama dalam kitab ini, beliau menyebutkan banyak adu argument, pengertian-pengertian maupun metode dalam mengambil kesimpulan dari dalil yang ada, di mana kesamaan tema fiqih merupakan patokan utama dalam kitab ini.
Riwayat Muwattha’ yang dipakai oleh Ibnu Abdil Baarr dalam kitab ini adalah riwayat dari jalur Yahya bin Yahya Al-Andalusi. Jalur periwayatan Ibnu Abdil Barr sampai ke Imam Malik adalah sebagai berikut : dari Abu Utsman Sa’id bin Nashr, dia meriwayatkan dari Muhammad Qasim bin Asbagh dan Wahab bin Masarrah, keduanya meriwayatkan dari Ibnu Waddlâh dari Yahya bin Yahya dari Imam Malik bin Anas.


D.        PENGARUH  KITAB
Kitab Al kafi fiqhu ahli almadinah adalah kitab rujukan dalam fiqh madzhab maliki kitab ini sangat terkenal di Madinah. 

E.        CONTOH PEMBAHSAN DALAM KITAB

 
Kitab Bersuci
Bab wajibnya berwudhu karena hadast dan hal hal yang tidak diwajibkan apa yang tidak membedakannya dalam sholat
Hal hal yang diwajibkan berwudhu menurut penduduk Madinah imam malik dn pengikutnya ada 4: satu, segala yang keluar dari salah satu saluran kemaluan baik itu angina ataupun kotoran atau pipis atau madzi atau wadi. Selain itu mani. Keberadaan mani mewajibkn mandi alasannya adalah kalam allah azawazalla “apabila salah seorang diantara kalian mengeluarkan kotoran surat annisa ayat 43 dan almaidah ayat 6 semua itu adalah merupakan qinayah yag dikeluarkan dari kemaluan.baik itu sengaja atau diketahui tapi tidak sengaja atau kuarnya jarang dan sesekali, seperti darah, atau batu yang tanpa terasa sakit dan hal hal serupa dengan tadi. Karena petunjuk tersebut menurut malik, apa yang selalu dan berulang ulng dan tanpa disengaja


 
Kitab Sholat
Bab waktu waktu sholat

Awal waktu dzuhur tatkala matahari tergelincir dari garis lurus langit tanda tanda tergelincirnya matahar itu jika dilihat di bumi adalah kembalinya bayangan dan panjangnya dari ukuran awal pada tengah hari barang siapa yang menyaksiakan itu maka disukai untuk sholat pada awal waktu dan disukai juga pada melaksanakan secara jamaah denagn diakhirkan sedikit. Sehingga dapat di pasikan waktunya lebih dari satu perempat begitu pula dianjurkan  masjid mesjd yang melaksanakan sholat berjamaah mengakhirkan sedikit waku sholat ashar dan sholat isya agar prang rang dapat berkumpul. Bagi orang orang yang sholat munfarid lebih utaa melakukan setiap sholatnya diawal waktu dan kemudian waktu dzuhur masih tetap berlaku hngga bayangan setiap sesuatu menjadi sama dengan bendanya apabila melebihi dari itu habislah waktu dzhur dan masuk lah waku ashar tidak ada pemisah diantara keduanya dan waku ashar masih teres berlangsung hingga bayangan sesuatu mirip dengan beda.

F.                 PENUTUP
dari pengamatan diatas kitab Al Kafi fiqhu ahlu al mainah almaliki adalah kitab yang dikarang oleh Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Bar bin Ashim An-Namari Al-Qurtubi. Kitab ini adalah kitab fiqih yang menjadi rujukan dalam madzhab maliki. Kitab ini menuangkan pemaparan pemaparan masalah fiqih dengan pendapat pendapat para ulama madzhab maliki dan disuguhkan dengan pengutipan dalil dari al-qur’an dan hadist.

 

0 comments:

Post a Comment